Candi Dieng Negeri Atas Awan

Candi adalah sebuah peninggalan sejarah dengan bangunan bangunan yang menawan. Peninggalan yang satu ini memang sudah lama sekali, saking lamanya banyak candi terutama di indonesai kini tinggal namanya saja. Sedangkan bentuknya sudah ada yang roboh atau sudah hilang entah kemana, akan tetapi kami akan membahas tentang candi dieng yang masih ada.

Tapi selain itu juga masih ada bangunan yang masih di jaga benar oleh pengelolanya. Sehingga generasi generasi selanjutnya masih bisa melihat memegang atau merawatnya. Karena perawatan dan pengelolannya yang baik itu membuat candi di indonesia ini masih bisa kita temui, jumpai dan kunjungi.

Candi merupakan sebuah bangunan yang menarik. Karena bagunan ini merupakan bngunan yang di buat dengan cara manual dan tidak mengunakan alat yang super modern seperti yang ada di jaman now sekarang, dan keunikan yang lainnya adalah daya seni yang ada pada orang dahulu.

Candi Dieng

Dengan digabungkannya dua hal tersebut seperti dari alat manualnya dan seninya terciptanya sebuah bangunan yang indah. Sehingga jika kita bayangkan pasti kita akan bertanya tanya, gimana cara pembuatnnya dan dengan bahan seperti apa, itu lah yang mungkin ada di benak kita.

Dan bangunan ini mungkin hanya ada di beberapa tempat, makannya daerah yang masih memiliki sebuah peninggalan sejarah adalah daerah yang bisa di bilang istimewa. Dan biasanya daerah yang memiliki peninggalan sejarah tersebut merupakan daerah yang bnyak di tuju untuk wisatwa, baik wisatawan yang dalam negeri maupun luar negeri. Paket wisata dieng

Mengenal Candi Dieng Peninggalan Sejarah

Dan salah satu tempat yang masih memiliki peninggalan sejarah tersebut yaitu adalah candi dieng dan berikut akan kami jelaskan beberapa candi dieng yang masih ada.

Candi Arjuna 

Candi Dieng Arjuna

Candi dieng yang pertama yaitu arjuna di ambil dari tokoh pewayangan yang merupakan salah satu dari tokoh tokoh di super hero jawa. Bangunan arjuna adalah bangunan yang juga memiliki ciri ciri bentuk yang hampir sama dengan tokoh pewayangan tersebut.

Bangunan arjuna berbentuk persegi panjang dengan atasan yang memuncuk seperti segitiga dari bentuknya ini sebenarnya hampir mirip dengan rumah. Karena memiliki beberapa bentuk yang hampir sama yang ada di rumah rumah.

Salah satunya yaitu memiliki jendela yang hampir sama dengan yang ada di rumah rumah namun tidak ada jendelanya hanya ada seperti sirkulasi yang berbentuk jendela.

Kemudian memiliki tempat masuknya namun tidak ada pintu untuk menutp ruangannya. Kemudian memiliki tangga juga sehingga pengunjung yang datang bisa mengunjungi bangunan arjuna dengan masuk ke dalamnya melihat sekeliling bangunan arjuna tersebut

Candi Semar 

Candi Semar Dieng

Candi dieng ini merupaka bangunan yang memiliki bentuk yang sama dengan karakter dari pewayangan yaitu semar. Semar terkenal dengan identik bentuknya yang gemuk atau besar. Sama dengan bentuknya bangunan semar memiliki bentuk yang lebar karena lebarnya itu sama dengan bentuknya semar yang lebar.

Hampir sama dengan bangunan arjuna. Bangunan ini juga memiliki tangga tempat masuknya dan fentilasi udarnya seperti jendela. Bangunan semar terletak berdekatan dengan bangunan arjuna jadi jika anda berkunjung ke bangunan arjuna anda akan menemui bangunan semarnya juga

Candi Srikandi 

Sama seperti namanya yang agak feminim yaitu srikandi. Bangunan ini memiliki bentuk yang terbilang elegan karena bentuknya juga simpel tapi indah. Dan bangunan ini berdekatan dengan bangunan arjuna dan semar. Itulah bangunan bangunan yang ada di kawasan komplek candi arjuna

Candi Puntadewa

Dan tidak jauh dari tiga bangunan di yaitu bangunan arjuna semar dan srikandi ada satu bangunan yang tidak terlalu jauh. Dan hanya berdiri sendiri yaitu adalah bangunan puntadewa bangunan ini memiliki bentuk bangunan yang bersusun.

Dan untuk menuju ke bangunan ini tidak terlalu jauh dari kawasan bangunan arjuna yang memilki 3 bangunan yaitu  arjuna, semar dan srikandi.

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca Dieng

Seperti nama pewayangannya bangunan gatotkaca yang terkenal dengan kegagahannya. Dan karenanya itu ada bebrapa bangunan yang ada di kawasan bangunan gatotkaca yaitu nakula sadewa petruk gareng. dan dari naman tersebut semua bangunan sudah runtuh hanya tinggal puingnya saja yang masih tertinggal. Dan yang tersisa hanyalah bangunan gatotkaca candi dieng yang masih kokoh berdiri dengan tegak.

Itulah beberapa bangunan yang dapat kami sampakikan dan sebenarnya masih ada bangunan bangunan yang lain. Dan akan kami sampaikan nanti pada saat yang kami akan jelaskan dengan sebaik baiknya dan sejelas jelasnya.

Kami ucapkan terimaksaih yang sebesar besarnnya karena telah bersedia membaca artikel kami hingga selesai. Semoga dengan membaca sampai selesai itu bisa memberikan wawasasn yang baik mengenai pembahan tentang candi dieng.

Dan mungkin itu apabila ada kata kata yang kurang berkesan atau kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Karena mungkin dari penjelasan yang panjang kurang berkesan kurang maksut kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Sekian dari kami seputar pembahsan candi dieng Terimakasih jangan lupa baca yang lainnya ya…