Festival Dieng

Selamat datang kembali di website ini traveling, kali ini kami akan sedikit membahas artikel baru kami ini yaitu yang berjudul Festival Dieng , Dimana yang namanya festival pastinya tidak jauh dengan pembahasan tentang keramaian, di mana banyak orang yang suka dengan keramaian pasti mereka akan berbondong bondong untuk berpartisipasi,

Dan juga dorongan dari rasa penasaran dengan keramaian, yang akhirnya rasa penasaran ini mendorong kita untuk sekedar tau dan bisa jadi akhirnya nanti ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Festival Dieng Culture

Keramain yang ada disini yaitu tentang festival, yaitu  sebuah acara yang melibatkat berbagai kalangan mulai dari warga setempat kemudian para wisatawan dari berbagai kalangan yang ikut serta dalam acara ini, yaitu fstival dieng.

Festival Dieng yaitu sebuah festival tahunan yang di selengarakan oleh beberpa kalangan masyarakat dan juga kelompok.mulai dari kelomok wisata, budaya, kuliner, penginapan ,ukm ukm dan banyak yang lainya juga ikut berpartisipasi di dalam acara ini .

Festival yang pertama kali di selenggarakan yaitu pada tahun 2010an dan pada waktu itu masih dinamakan dengan pekan budaya dan lambat taun akhirnya nama ini berganti yaitu dengan nama dieng culture festival sampai saat ini. Dieng culture festival merupakan sebuah festival yang ramai di kunjungi juga, mulai dari kalangan wisata baik luar daerah ,luar kabupaten, provinsi bahkan ada juga yang dari luar negeri.

Acara yang telah  berjalan berapa tahun ini merupakan acara besar yang ada di dieng jawa tengah dengan kisaran pengunjung yang berantusias tiap tahunya ini selalu selalu ramai di karenakan acara yang ada di dalam festival ini tidak hanya sedikit dan itu itu saja melainkan banyak.

Dan tak salah banyak para wisatawan dari luar berbondong bondong juga ingin melihat pertunjukan dan acara acara yang ada di Festival Dieng dan berikut ini akan kami berikan sedikit ulasan tentang acara acara dan penjelasan tentang acara yang ada di dalam dieng culture festival.

Kegiatan Festival Dieng

1. Ruwatan

Festival Dieng Ruwatan

Ruwatan yaitu acara yang harus ada di dieng culutre  festival, karena kalau tanpa acara ini namanya bukan culture festival pastinya, acara ruwetan ini adalah acara yang di dalamnya berisikan kebudayaan/culture.Ruwata yaitu acara budaya yang di diselenggaran dengan unsur budaya daerah yang sangat kental dan melekat.

yaitu acara yang diselengarakan dengan topik pemotongan rambut, Namun pemotongan rambut disini yang di maksut bukan bukanlah rambut biasa,melainkan rambut anak gimbal, dimana di daerah ini ada beberapa anak kecil yang rambutnya tumbuh tidak seperti anak anak yang lain yang beramabut lurus,  melainkan berambut gimbal.

Sehingga menurut para orang terdahulu anak yang mempunyai rambut gimbal ini harus ada perayan, yaitu dengan memotong rambut anak gimbal, dan di dalam acara pemotongan ini harus dengan mengunakan adat atau kebudayan yang dulu katanya tumbuh di daerah dieng .

Dari peryaan itu juga harus ada sebuah persyaratan persyaratan tertentu yang harus di sanggupi oleh orang tua anak gimbal tersebut,
yaitu seperti apapun yang anak gimbal minta harus bisa untuk di sanggupi entah benda mainan atau apapun sehingga acara perayaan tersebut bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan peraturan adat adat budayanya.

dan setelah acara itu kemudian ada tempat tempat yang harus di kunjungi juga, semisal candi atau sungai yang di gunakan untuk membuat rambut bekas dari pemotongan rambut anak gimbalnya,

dan dengan acar tersebut akhirnya terlaksanalah dengan sesuai ketentauan yang seharusnya
dan kemudian berlangsunglah acara acara yang selanjutnya higga acara ruwetan yang ada di dieng ini selesai.

2. Dieng  Jazz Negeri Diatas Awan

Festival Dieng Jazz Atas Awan

Tak hanya ruwatan yang ada di Festival Dieng melainkan ada hiburan yang lainnya yaitu musik jazz negeri diatas awan.Festival dengan menampilkan musik musik jazz yang ada di di Festival Dieng ini, adalah festival yang di tunggu tunggu karena di dalamnya terdapat banyak penampilan penampilan yang di sediakan ada sperti wayang  musik jazz dan juga penampilan yang lainnya yang ada di malam harinya.

Di dalam acara musik jazz diatas awan juga mendatangkan beberapa artis artis ternama, yang di undang untuk menampilakan beberapa karyanya di panggung tersebut,Sehingga para pengunjung yang datang sangat menikmati keindahan yang ada di dieng dengan di temani dengan musik jazz yang di bawakan loeh para artis artis.
Namun belum selesai di penampilan dan penampilan lainnya melainkan masih ada lagi yang lainnya yaitu.

3. Pelepasan Lampion

Festival Dieng Pelepasan Lampion

Tidak hanya acara musik jazz atau penampilan panggungnya saja melainkan ada acara pelepasan lampion dimana pelepasan lampion di acara ini para pngunjung pun ikut serta di dalam perayaan pelepasannya.

Sehingga semakin terasa keindahan  dan kemeriahan yang ada di acara Festival Dieng ini,acara pelepasan lampion ini yaitu acara yang terbilang keren karena di sini pengunjung akan di beri lampion yang kemudian akan di terbangkan secara serentak atau bersama sama untuk menerbangkannya.

Sehingga penampilan yang tak jarang ada ini menjadi semakin meriah karena pelepasan lampion yang banyak dan serentak membuat suasana yang ada di negeri atas awan ini berubah menjadi langit yang berisikan lampion lampion  yang indah dan menawan,yang siap untuk kita pandangi bersama keluarga sahabat dan lain lainnya

Dan untuk jumlah lampion yang di sediakn untuk di terbangkan ini pun tidak sedikit melainkan kisaran ribuan terkadan 4000 lampion atau 5000 lampion  bahkan tak jarang bisa lebih banyak dari itu, sehingga ketika lampion lampion ini di terbangkan akan tampak indah ,

saking banyaknya lampion yang di terbangkan di acara Festival Dieng ini memadati langit malam yang sudah banyak bintang bintang ,apalagi ketika lampion sudah tinggi jauh dari pandangan kita kita seakan melihat bintang yang banyak menampakkan cahanya yang indah dan itulah acara pelepasan yang ada di Festival Dieng ini.

3. Penyalaan Pembang Api

Festival Dieng
Dan sampailah di akhir akhir acara Festival Dieng yaitu menyalakan kembang api, acara yang semakin menambah kemeriahan dari acara acara festival yang telah di siapkan menambah kesan yang meriah,

Walaupun ini akhir acara akan tetapi banyak para pengunjung yang masih Belum beranjak dari acara festival ini, mereka masih ingin berlama lama walaupun hanya untuk sekedar duduk duduk atau juga saling bercerita dengan teman teman baru yang bertemu diacara Festival Dieng

Dan mereka berkumpul jadi satu dalam acara tersebut mulai dari daerah yang jauh jauh maupun dari yang dekat sekalipun, hingga akhirnya mereka ada di acara tersebut bercanda tawa bersama.

Sebuah pengalaman yang tak bisa dilupakan dan bisa di bagikan dengan rekan, teman teman, keluarga, cucu kelak tentang keindahan keindah yang ada di acara Festival ini.

Dan akhir dari pembahasan ini, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya mulai dari waktu membaca artikel ini sampai selesai pembahasan terimakasih sekali,  dan semoga bisa menjadi beberapa bahan referensi untuk kita semua dalam melakukan perjalan ini dan semoga festival diatasbermanfaat,

Dan apabila dalam penulisan Festival Dieng atau kata kata yang kurang berkesan atau tidak jelas kami mohon maaf yang sebesar besarnya karena ini lah kemampuan kami yang masih belajar